Rabu, 22 Januari 2020

olahraga catur

Aturan Dan Cara Bermain
Catur adalah olahraga yang dilakukan menggunakan papan permainan yang terdiri dari 64 kotak dengan ukuran 8 x 8. Kotak-kotak tersebut dibagi menjadi dua warna yang berbeda, umumnya hitam dan putih. Dua warna ini mewakili dua pemain yang akan bertanding. Karena itu, catur adalah olahraga yang hanya bisa dimainkan oleh dua orang, tidak kurang tidak lebih. Berikut contoh papan catur kosong.
Contoh papan catur.
Abjad dan angka yang ada di tiap sisi papan mewakili masing-masing kotak dan menjadi nama untuk kotak yang bersangkutan. Contohnya, a1 adalah sebutan untuk kotak yang berada di pojok kiri bawah, dilanjutkan dengan b1 untuk kotak di sebelah kanannya, c1 untuk kotak di sebelah kanannya, dan seterusnya.
Simbol bidak catur.Selanjutnya, masing-masing pemain diberikan 16 buah bidak catur di awal permainan dengan posisi yang sudah ditentukan. Keenam belas bidak tersebut mempunyai ciri dan simbolnya masing-masing yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, serta menduduki papan catur sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan dalam permainan catur tersebut. Keenam belas bidak yang dimaksud adalah :
  • Dua (2) buah bidak Benteng (Rook)
  • Dua (2) buah bidak Kuda (Knight)
  • Dua (2) buah bidak Menteri (Bishop)
  • Satu (1) buah bidak Ratu (Queen)
  • Satu (1) buah bidak Raja (King)
  • Delapan (8) buah bidak Pion (Pawn)
Keenam belas bidak dalam papan catur ini juga memiliki dua warna, yaitu enam belas bidak putih dan enam belas bidak hitam, guna untuk membedakannya dari bidak lawan.
Di awal permainan, bidak-bidak tersebut akan disusun di atas papan catur dengan susunan sebagai berikut:
  • Benteng (Rook) ditempatkan di sudut luar, kanan dan kiri.
  • Kuda (Knight) ditempatkan tepat di sebelah masing-masing benteng.
  • Menteri (Bishop) ditempatkan di dalam masing-masing kuda.
  • Ratu (Queen) ditempatkan di kotak dengan warna yang sama dengan yang dimiliki pemain: ratu putih di kotak putih dan ratu hitam di kotak hitam.
  • Raja (King) ditempatkan di kotak kosong di sebelah ratu.
  • Pion (Pawn) diletakkan satu kotak di depan semua bidak lainnya.
Susunan ini berlaku untuk masing-masing pemain, hitam dan putih, sehingga di awal permainan, susunan bidak-bidak catur adalah seperti ini.
Susunan awal bidak catur.
Pemain putih selalu mendapat giliran pertama untuk melakukan gerakan diikuti pemain hitam, lalu kembali ke pemain putih, begitu seterusnya. Setiap bidak catur memiliki metode gerakan tersendiri yang unik dan hanya diperbolehkan bergerak ke kotak yang kosong, kecuali saat “menangkap” atau “memakan” bidak lawan. Bidak yang telah “ditangkap” atau “dimakan” akan dikeluarkan dari papan permainan sementara bidak yang “menangkap” atau “memakan” akan mengambil tempat di kotak tersebut. Bidak yang harus “ditangkap” atau “dimakan” untuk memenangkan permainan adalah bidak raja.
Karena itu, pemain yang akan “menangkap” atau “memakan” raja lawannya pada gerakan berikutnya harus memberitahu lawannya tersebut (terlepas apakah ia sadar atau tidak akan kondisi tersebut) dengan menyebut kata “skak” (check) saat melakukan gerakan. Pemain yang rajanya diskak harus melindungi bidaknya tersebut entah dengan mengerakkan raja atau “menangkap” atau “memakan” bidak yang melakukan skak. Raja juga bisa dilindungi dari skak menggunakan bidak lain, tergantung situasi dan kondisinya.
Permainan akan selesai saat salah seorang pemain melakukan “skakmat” (checkmate) terhadap lawannya, yakni saat bidak raja tidak lagi bisa menghindar dari “tangkapan” salah satu bidak lawan pada gerakan berikutnya. Selain itu, permainan juga bisa selesai jika salah satu pemain menyerah atau mengundurkan diri dari permainan saat mereka yakin mereka akan kalah, atau jika permainan berakhir imbang, saat tidak ada pemain yang bisa melakukan skakmat dengan bidak yang tersisa.
Berikut ini adalah gerakan yang diperbolehkan untuk masing-masing bidak, baik saat bergerak ke kotak kosong, atau saat “menangkap” atau “memakan” bidak lawan.
  1. Benteng (Rook) dapat bergerak ke kotak kosong atau “menangkap” bidak lawan di kotak manapun secara horizontal atau vertikal dalam satu gerakan, selama kotak-kotak yang dilalui dalam jalur tersebut kosong. Benteng (Rook) juga bisa melakukan gerakan castling bersama dengan Raja (King).Gerakan untuk Benteng.
  2. Kuda (Knight) hanya bisa bergerak ke kotak kosong atau “menangkap” bidak lawan dalam satu pola gerakan yang unik, yakni gerakan membentuk pola huruf “L” yang dikombinasikan dari gerakan horizontal sebanyak 2 kotak dan gerakan vertikal sebanyak 1 kotak, atau dari gerakan horizontal sebanyak 1 kotak dan gerakan vertikal sebanyak 2 kotak. Gerakan ini tidak dapat diblokir karena Kuda (Knight) tetap dapat bergerak walaupun ada bidak-bidak lain di sekelilingnya.                                                    Gerakan untuk Kuda.
  3. Menteri (Bishop) dapat bergerak ke kotak kosong atau “menangkap” bidak lawan di kotak manapun hanya secara diagonal dalam satu gerakan, selama kotak-kotak yang dilalui dalam jalur tersebut kosong.Gerakan untuk Menteri.
  4. Ratu (Queen) diperbolehkan bergerak ke kotak kosong atau “menangkap” bidak lawan di kotak manapun secara horizontal, vertikal, atau diagonal dalam satu gerakan, selama kotak-kotak yang dilalui dalam jalur tersebut kosong.                                                                                                             Gerakan untuk Ratu.
  5. Raja (King) diperbolehkan bergerak ke kotak kosong atau “menangkap” bidak lawan di kotak manapun secara horizontal, vertikal, atau diagonal, tetapi hanya sejauh satu kotak. Selain itu, Raja (King) juga diperbolehkan melakukan gerakan castling bersama Benteng (Rook) yang akan dibahas lebih lanjut.Gerakan untuk Raja.
  6. Pion (Pawn) hanya bisa bergerak maju ke depan sebanyak satu kotak. Untuk gerakan pertama, Pion juga bisa maju ke depan sebanyak dua kotak. Kotak yang dituju harus kosong. Sedangkan untuk “menangkap” atau “memakan”, bidak lawan yang ingin “ditangkap” harus berada di salah satu kotak diagonal di depan Pion. Hal ini membuat Pion mempunyai gerakan yang berbeda saat menuju kotak yang kosong dan saat “menangkap” atau “memakan” bidak lawan. Jika berhasil mencapai kotak paling depan, Pion juga memiliki hak untuk melakukan promosi, yang akan kita bahas selanjutnya.                                       Gerakan untuk Pion.
Beberapa Istilah Penting Dalam Catur
1. Castling
Seperti yang telah dijelaskan di atas, castling melibatkan dua buah bidak, yakni Raja (King) dan Benteng (Rook). Tujuan gerakan ini pada umumnya adalah untuk memberikan perlindungan pada bidak Raja anda dari skak (check) atau skakmat (checkmate). Gerakan ini dilakukan dengan memindahkan Raja (King) sebanyak dua kotak dari posisi awalnya ke arah salah satu Benteng (Rook) dan memindahkan Benteng (Rook) ke kotak di sebelah Raja (King) di sisi lainnya. Castling hanya dapat dilakukan sekali saat tidak ada bidak lainnya di antara Raja (King) dan Benteng (Rook) dan kedua bidak tersebut belum bergerak sama sekali.Contoh Castling.
2. Promosi
Sesuai namanya, promosi berarti kita mendapatkan hak untuk melakukan upgrade terhadap bidak catur kita, dalam hal ini Pion (Pawn). Hak ini hanya bisa diperoleh saat kita berhasil menggerakkan salah satu Pion kita ke kotak paling depan, atau dengan kata lain, salah satu kotak di baris pertama lawan. Saat Pion mendapat promosi, kita bisa menukarnya dengan salah satu di antara Benteng (Rook), Kuda (Knight), Menteri (Bishop) atau Ratu (Queen).                                                                                                        Promosi Pion.
3. Skak (check)
Ini adalah istilah yang paling sering digunakan dalam catur. Skak (check) terjadi saat salah satu pemain melakukan gerakan untuk menyerang Raja (King) lawan dan membuatnya berada dalam posisi siap “ditangkap” atau “dimakan” pada gerakan selanjutnya. Karenanya, setelah di-skak, seorang pemain harus segera mengamankan Raja-nya, baik itu dengan memindahkannya ke kotak lain, menggunakan salah satu bidak untuk melindungi Raja, atau “memakan” atau “menangkap” bidak yang melakukan skak.
4. Skakmat (checkmate)
Saat skakmat terjadi, artinya permainan telah berakhir dengan pihak yang melakukan skakmat memenangkan pertandingan. Skakmat terjadi saat pihak lawan tidak dapat melakukan apapun untuk melindungi Raja-nya dari ancaman “ditangkap” atau “dimakan” pada gerakan selanjutnya. Tergantung tingkat kemahiran seorang pecatur, skakmat dapat terjadi setelah hanya tersisa beberapa bidak catur saja, atau bahkan saat Raja belum bergerak sama sekali.                                          
5. Seri (draw)
Ini juga adalah alternatif lain berakhirnya sebuah permainan catur. Seri terjadi saat tidak ada pihak yang bisa menang. Beberapa varian seri termasuk stalemate (saat pemain yang mendapat giliran bergerak tidak mempunyai pilihan untuk menjalankan bidaknya tapi juga tidak berada dalam posisi di-skak), threefold repetition (saat salah satu atau kedua pemain hanya bisa melakukan gerakan yang sama sampai 3 kali berturut-turut) dan fifty-move rule (saat tidak ada bidak yang “ditangkap” atau dimakan dan tidak ada Pion yang bergerak setelah 50 gerakan untuk masing-masing pemain).Contoh posisi draw.
Nah, itu dia sedikit penjelasan tentang olahraga catur. Tapi, percayakah Anda bahwa apa yang kita bahas sejauh ini masih belum mencakup semua pengetahuan tentang catur? Ya, olahraga yang satu ini memang populer, tapi juga termasuk salah satu yang paling rumit. Kecuali Anda berminat untuk melatih diri Anda menjadi seorang grandmaster catur, maka apa yang sudah dijelaskan di atas plus beberapa tips di bawah ini seharusnya cukup untuk membekali Anda sebelum mencoba permainan ini.
Tips Sebelum Mulai Bermain
  • Pelajari basic-nya dulu. Bagi pemula sekalipun, catur bisa jadi olahraga yang sangat menantang karena kerumitannya. Karena itu, Anda harus selalu menguasai dasar-dasarnya terlebih dahulu, minimal gerakan-gerakan masing-masing bidak catur dan juga beberapa peraturan dasar yang telah dibahas di atas. Percayalah, Anda mungkin akan membutuhkan waktu beberapa minggu sebelum benar-benar menguasai hal-hal tersebut. Anda mungkin harus menghabiskan beberapa bulan lagi sebelum bisa “berpikir dua atau tiga langkah” di depan lawan Anda.
  • Jangan lelah mencoba. Sama seperti olahraga-olahraga lainnya, catur juga menuntut ketekunan Anda berlatih. Jika Anda kesulitan menemukan partner yang bersedia menjadi teman sparing Anda, selalu ada opsi untuk berlatih melawan komputer. Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, sangat mudah untuk menemukan software-software atau aplikasi-aplikasi permainan catur untuk ponsel atau laptop Anda. Sering-seringlah bermain melawan komputer untuk mengasah kemampuan Anda sebelum bertanding melawan orang yang sebenarnya.
  • Cari lawan yang seimbang. Karena rumitnya permainan ini, maka dalam catur, kita mengenal tingkat-tingkat kesulitan dari pemula, hingga yang expert. Jika Anda adalah pemula, sebaiknya hindari bermain catur dengan mereka yang sudah expert. Sebailknya, jika Anda sudah cukup berpengalaman, sebaiknya Anda tidak lagi bermain dengan pemula. Ini bertujuan untuk membuat permainan semakin menarik karena dua pemain dengan kemampuan yang seimbang akan menghasilkan permainan catur yang lebih seru dan menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar